Analisis Semiotika Iklan Tokopedia

Pendahuluan

Iklan merupakan sebuah sarana untuk masyarakat mempromosikan barang atau jasa yang ingin ditawarkan, terutama kepada masyarakat. Melalui iklan, sebuah produk dapat dikenal, disayang, dan dicari oleh khalayak. Hal ini disebabkan oleh potensi iklan yang luar biasa untuk mempengaruhi, sekaligus membentuk opini dan persepsi masyarakat. 

Tujuan dari iklan untuk mempromosikan produk tertentu,pastinya didalam iklan menggunakan kalimat,frase atau jargon yang dengan kata lain merayu khalayak umum untuk membeli,mengkonsumsi dan menggunakan produk yang telah diiklankan.

Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis market place dan juga menggunakan iklan startupsebagai media promosinya. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Untuk menjalankan dan memperkenalkan produknya tokopedia menggunakan iklan media massa yaitu Televisi sebagai medianya. Dari beberapa iklan yang telah di tayangkan di Televisi mengenai tokopedia.


Rumusan Masalah

- Bagaimana jika orang tidak percaya dengan pemesanan barang yang menggunakan Non Tunai?

- Bagaimana meyakinkan kepada khalayak bahwa Tokopedia adalah tempat belanja online yang terpecaya?


 Tujuan Penelitian

- Untuk menganalisis pesan yang disampaikan kepada masyarakat.

- Untuk menganalisis Iklan yang sering digunakan untuk berbelanja online.


Manfaat Penelitian

- Secara Teoritis, penelitian ini memperkaya pengetahuan dibidang ilmu komunikasi dan analisis Semiotika.

- Secara Praktis, hasil analisis inidiharapkan bermanfaat bagi pembaca agar lebih kritis dalam memahami makna dan pesan yang terdapat dalam iklan.


Kesimpulan 

Makna pesan yang yang ingin di sampaikan yaitu bahwa tokopedia adalah suatu revolusi dalam sistem perbelanjaan. Tokopedia menawarkan kemudahan yang dapat menghemat waktu maupun biaya bagi penggunanya. Apapun yang anda butuhkan tersedia di tokopedia, mulai dari alat elektronik, tiket perjalanan bahkan juga paket internet. Namun kemudahan yang ditawarkan bukan berarti menjadi murahan dan tidak bernilai. Sebagai penggunanya kita harus pandai dalam memilah dan memilih produk apa yang kita butuhkan, sehingga untuk menggapai keterkenalan dapat dilalui dengan mudah dengan membeli peralatan pendukung untuk menjadi terkenal di tokopedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semiotika

Pembahasan Tentang Konten Aulion